03:09:00
0
Tutorial Pengaturan Startup Dialog Startup dialog box ialah window default yang mucul setelah program autocad dibuka. Karena pengaturan default window startup dialog box adalah aktif, jadi window ini akan selalu muncul saat pertama kali. Ada dua anggapan dari pengguna autocad tentang window startup dialog box yang muncul saat pertama kali. Anggapan pertama pengguna merasa terganggu dengan adanya window startup dialog box ini. Sedangkan anggapan kedua dengan adanya window startup dialog box sangat membantu pengguna untuk awal pengoperasian program autocad. Bagaimana dengan anda sebagai pengguna dan penggemar autocad ?.


Tidak ada masalah apakah window startup dialog box ini diaktifkan atupun dinonaktifkan sekalipun. Mungkin bisa dibilang ditentukan oleh selera dan pengalaman pengguna. Sebagai informasi window startup dialog box ini memiliki fungsi untuk pengaturan awal gambar, sedangkan pengaturan awal gambar bisa dilakukan tanpa menggunakan window ini. Karena adanya anggapan pengguna bahwa window ini mengganggu (kurang efektif) maka untuk menonaktifkan window ini perlu dilakukan pengaturan custom. Tenang saja pengguna bisa membuat pengaturan window startup dialog box ini menjadi default kembali, sehingga window akan selalu aktif saat awal program autocad dibuka.


Berikut cara menonaktifkan window startup dialog box :

1. Buka program autocad.

2. Akan muncul window startup   –  close window startup tersebut

Window Startup Dialog

3. Tampilan berubah seperti dibawah  –  klik tools  –  pilih option

Menu Tools Menu Option

4. Akan muncul window option  –  pilih menu system  –  lihat pengaturan startup

Window Option Menu System

5. Klik tab show startup dialog box  –  ubah menjadi do not show a startup dialog

Do Not Show Startup

6. Klik Apply  –  klik ok

7. Selesai, window startup dialog box menjadi nonaktif.

*** Bagi yang ingin mengembalikan ke pengaturan awal atau default, maka ulangi cara di atas dan pilih aktifkan startup dialog box.


Untuk tips saja, biasanya pengguna baru yang akan belajar program autocad ini lebih baik untuk tidak memusingkan window startup ini. Jadi menonaktifkan window startup seperti di atas adalah langkah yang tepat. Maksudnya, karena window startup ini adalah pengaturan sebagaimana gambar terknik manual yang baru akan dikerjakan. Oleh karena itu bagi pengguna yang belum paham aturan main di gambar teknik akan merasa rumit karena hal ini. Untuk pengguna baru baiknya fokus terlebih dahulu ke segi tampilan pengguna (user interface) dari program ini.


Sedangkan bagi pengguna yang telah paham aturan main gambar teknik, bagian startup ini bisa dipelajari di awal. Jadi proses dan tahapannya sesuai bagi pengalaman pengguna (user experience) tersebut. Tidak menjadi masalah yang penting, tampilan startup ini hanya perlu penyesuaian saja.

0 komentar:

Post a Comment